Production Planning Inventory Control

PPIC, Production Planning & Inventory Control merupakan mat5a kuliah yang saya pelajari 5 tahun yang lalu, saya mengambil mata kuliah tersebut pada semester 3, namun harus saya ulang semester 5 karena nilai saya belum memuaskan. PPIC yang saya pelajari jaman dahulu kuliah lebih mengarah ke industri manufaktur. PPIC menurut jaman dahulu itu adalah Teknik yang mempelajari pengaturan material yang masuk dalam sistem produksi (bahan baku, bahan pembantu), mengalir dalam sistem produksi (komponen, subassembly), dan keluar dari sistem produksi (produk jadi, spare parts) sehingga sistem produksi dapat memenuhi demand dengan efektif (tepat jumlah, tepat waktu , tepat lokasi) dan efisien (Stefanus Eko Wiratno) Definisi tersebut saya dapatkan dari dosen saya. Secara sistem PPIC tersebut digambarkan sebagai berikut :

Oke, dari kuliah jaman dahulu sudah diketahui bahwa rencana produksi diturunkan dari rencana pemasaran yang merupakan hasil kombinasi dari rencana bisnis perusahaan, history data produksi dan blanket order. Dapat dipahami bahwa yang namanya PPIC merupakan jantung dalam sistem perusahaan. Mengapa saya bilang jantung, karena PPIC yang mengatur segala aktivitas yang ada dalam sistem produksi dan sistem yang berkaitan dengan sistem produksi. PPIC yang mengatur kegiatan setiap hari sistem produksi untuk mendapatkan output atau nilai perusahaan.

Setiap perusahaan pasti mempunyai sistem PPIC tidak terlepas yang namanya perusahan yang berlabel MRO. Mari kita lihat gambar di bawah ini yang saya dapatkan waktu kuliah jaman dahulu.

Apapun jenis perusahaan anda PPIC merupakan hal wajib ada di sistem perusahaan tersebut. Bagaimana dengan perusahaan anda? PPIC haruslah berjalan sedemikian efektif dan efisien. Bertolak dengan hal ini bisa saya katakan bahwa PPIC merupakan sistem untuk mengatur demand dan supply di perusahaan anda. Dari hal tersebut sudah jelas bahwa PPIC merupakan key function dalam suatu sistem perusahaan.

Hv + D



Tentang Suhartono

Person who pursuit a happiness
Tulisan ini dipublikasikan di Industrial Engineering dan tag , , , , , . Tandai permalink.

3 Balasan ke Production Planning Inventory Control

  1. andy tri berkata:

    makasih tylisannya. kebetulan saya Kuliah di TI…

  2. Siera berkata:

    Kebetulan nih saya lagi butuh info ttg PPIC. Lumayan nambah wawasan.
    Trims ya, jgn lupa mampir ke SIERA 4 LIFE..

  3. wah… sy yg kyknya baru mo ngubek2 materi ini….
    ada ebook yg disarankan…? buat reading develop system nih… ( ^ ^

Tinggalkan Balasan

