Mengenal Flight Control Pesawat Terbang Secara General

Pernah naik pesawat gak saudara semua? Pastinya pernah ya… walaupun mungkin sering naik pesawat seringkali kita kurang paham dengan bagian-bagian pesawat sendiri. Mengapa? Ya iyalah kita khan gak punya pesawat pribadi jadi gak sempet otak-atik tuch pesawat. Dengan tulisan ini saya akan memberitahukan anda tentang sedikit banyak bagian pesawat terbang. Sebagai contoh saya kasih model gambar pesawat boeing 737-800.

1. Nose Section, Merupakan bagian pesawat paling depan, dalam bagian ini terdapat ruang control yang sering disebut dengan cockpit. Ruang Cockpit merupakan ruang dengan panel kontrol pesawat.

2. Body Section, Merupakan bagian pesawat yang bagian tengah pesawat. body section merupaka bagian terbesar dalam pesawat, bagian ini merupakan tempat sayap pesawat diletakan dan pada bagian ini juga terdapat landing gear.

3. Tail section, Pantal pesawat. Merupakan bagian pesawat paling belakang yang terdapat APU. Bagian ini pula terdapat beberapa bagian flight control.

4. Wing Section, Bagian sayap pesawat. Di wing ini nempel lah yang namanya mesin pesawat yaitu Engine.

Secara gedeaanya pesawat ya cuman itu, namun sebenarnya kalo dilihat bagian-bagian pesawat secara teknik sangat banyak sekali bagiannya. okelah mari kita lihat saja secara orang awam…

Pertama, bagaimana pilot mengemudikan pesawat? Apa saja yang dipegang apa saja yang dipencet, bagiannya apa saja? Untuk mengendalikan pesawat si pilot punya juga yang namanya flight control. Apa saja flight control itu,

1. Primary Flight Control, Yaitu Elevator, Aileron dan Rudder.

2. Secondary Flight Control, Yaitu Spoiler, Trailing Edge Flap, Leading Edge Flap & Slat, dan Horizontal Stabilizer.

3. Warning System

Aileron

Elevator, Horizontal Stabilizer

Elevator

Rudder

Trailing Edge Flaps

Spoiler

Sudah Paham Khan???? Nach Sedangkan untuk mengendalikan Primary, Secondary Flight Control tersebut digunakanlah pedal dan control coulomn, kalo pesawat airbus control coulomb diganti dengan joystick. Dengan Alat tersebut maka pesawat dapat bergerak yaitu roll, yaw dan pitch. Untuk Roll, Deflect Kanan Kiri digunakanlah Aileron, Yaw Belok Kanan Kiri Rudder dan Pitch, Naik Turun digunakanlah Elevator. Nach Kalo maju mundur gmn? pesawat terbang dapat maju dengan sendirinya bantuan daya dorong engine, untuk mundur dengan di dorong dengan pushback car. Oke… sedikit mungkin bisa menambah pengetahuan tentang pesawat bagi saya dan anda yang awam tentang pesawat,,, jangan takut naik pesawat ya…

Hv + D

 

Tentang Suhartono

Person who pursuit a happiness
Tulisan ini dipublikasikan di Aircraft Engineering, Technology dan tag , , , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

13 Balasan ke Mengenal Flight Control Pesawat Terbang Secara General

  1. Thomas berkata:

    Nice info…anak bungsu saya paling suka pesawat. Baru berumur 3 tahun, tapi excited banget kalo naik pesawat dan dia punya banyak koleksi miniatur pesawat dari berbagai pabrikan. Dari Boeing sampai airbus.

    salam

    http://thomasandrianto.wordpress.com/2010/04/12/p-s-i-love-you/

  2. safar berkata:

    cara terbangnya gimana, tolong ya…!!! belum paham neh>

  3. Rumaisha berkata:

    mkasih infonyaa :))

  4. Shara berkata:

    Menarik sekali jadi sedikit banyak paham gimana Pilot menerbangkan Pesawat :)

    Tanya dong, apakah untuk jadi Pilot Penerbangan Komersial harus ada sertifikat tertentu yang dia dapat? setahu saya semua calon Pilot awalnya diajarkan dengan Pesawat latih single engine-ato seperti itulah? mohon infonya ya :)

  5. safinnah berkata:

    Untuk menjadi pilot penerbang komersiil pastinya anda harus sekolah penerbang,, hasil dari sekolah penerbang tersebut anda belum boleh menerbangkan pesawat komersiil sampai anda mendapatkan license penerbang, yang mana itu ada sekolahnya sesuai dengan type pesawat dan harus lulus ujian flight simulator pesawat tsb. Baru anda boleh menerbangkan pesawat. Tapi biasanya anda akan jadi co-pilot dahulu, tergantung company manual.
    semoga mencerahkan.

  6. arsethya10 berkata:

    Saya sangat menyukai tentang pesawat,terutama pesawat komersial,apakah bedanya pesawat boeing 737-800 dengan boeing 737-900ER?

  7. arsethya10 berkata:

    Saya sangat menyukai tentang pesawat,terutama pesawat komersial,apa bedanya pesawat boeing 737-800 dengan boeing 737-900ER?

    • safinnah berkata:

      Keduanya sama dalam kategori Boeing 737 Next Generation, perbedaannya adalah si -900ER digunakan untuk medium long range, konfigurasi seat maksimal 210, mempunyai tangki tambahan untuk menyimpan avtur, sedangkan untuk -800 untuk medium long range tapi range jarak terbangnya dibawah -900ER, konfigurasi seat maksimal 189, tidak mempunyai tangki tambahan. untuk detil perbedaannya bisa dilihat di Boeing.com

      Terima kasih sudah berkunjung di blog saya

  8. heryudhitiawan berkata:

    Hebat ! sumber informasi penerbangannya. Mas yang baik hati..kami saat ini sedang membangun sebuah bandara di Indonesia dan butuh scale drawing untuk pesawat CRJ1000 (yang Garuda beli) dan ARJ21-700 (Merpati beli) untuk menyesuaikan dengan garbarata yang akan diaplikasikan. Saya sudah masuk ke website masing2 namun sayang tidak menemukan yang saya cari. Terima kasih yaa infonya… Salam Hebat !

  9. Bukannya saat kita sekolah penerbangan kita mendapatkan lisensi ? jika tidak,apa kita harus sekolah lagi untuk mendpatkan lisensi menerbangkan pesawat komersil ?
    Mohon pencerahan

  10. Iyan Suryadi berkata:

    Terima kasih atas info yang sangat bermanfaat ini.

Berikan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s